Pengenalan Gimp

0 Comment
Saya yakin anda jarang sekali mendengar software GIMP dibandingkan dengan Adobe Photoshop. Betul kan? Syukur kalau tidak. GIMP singkatan dari GNU (General Public License) Image Manipulation Program yang merupakan karya Open Source yang mulai banyak digunakan oleh para desain grafis sebagai alternatif pengganti Adobe Photoshop. Software Photo Editing ini tersedia secara gratis.

Ya...bayangkan saja software sekelas Adobe Photoshop saja harus dibayar dengan harga tinggi untuk mendapatkannya ($699 untuk Adobe Photoshop CS 4). Sedangkan GIMP bisa anda peroleh secara GRATIS / FREE dengan kemampuan yang tidak kalah dengan Adobe Photoshop atau software sejenis lainnya. Bahkan beberapa kalangan mengatakan mendekati Adobe Photoshop.


GIMP adalah salah satu aplikasi editor grafis favorit para desainer. Aplikasi ini memiliki tiga ciri utama yang membuat popularitasnya menanjak, yaitu freeware, opensource dan multi-platform (tersedia versii Linux, Mac dan Windows). Dilengkapi dengan fitur yang beraneka ragam, seperti ketersediaan plugin, filter, dan brush yang bertebaran di internet dari komunitas pendukung GIMP.

GIMP sampai saat ini belum menjadi aplikasi yang bisa menggantikan aplikasi populer semacam photoshop, akan tetapi dari hari-kehari pengembangan dari versi GIMP selanjutnya lebih mendekati tampilan maupun fungsi dari photoshop. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat desain grafis, membuat logo, mengedit foto, dan juga membuat animasi sederhana memakai plugin GAP (GIMP Animation Package). Namun, tetap saja banyak orang yang tidak familiar dengan aplikasi OpenSource ini, cara penggunaan yang berbeda membuat banyak orang sulit beralih dari photoshop yang berbayar dan mahal. Hal ini sebenarnya tergantung dari kebiasaan kita dalam menggunakan suatu software.
Saya ucapkan terima kasih kepada semuanya yang ingin mempelajari aplikasi-aplikasi opensource,seperti halnya GIMP ini. Untuk Download & informasi lebih lanjutnya ya silahkan kunjungi http://www.gimp.org

Leave a Reply

 
Multimedia Smectra ™ © 2011 . Supported by Blogger

Smectra First Mumedzt